Tuesday, January 17, 2012

Traceroute (Tracert)

Pengertian Tracert
   Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP). Echo request ke tujuan dengan nilai Time to Live semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.www.wikipedia.org

Proses dan Fungsi Traceroute menggunakan Command Prompt (CMD)
   Untuk melakukan proses traceroute yang paling sederhana adalah menggunakan fungsi tracert pada CMD.
langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut :

1. Pertama buka command prompt, run >> cmd >> enter.


2. Karena kita ingin mengetahui tracert domain yang menuju www.yahoo.com , maka ketik tracert www.yahoo.com >> enter.



3. Setelah itu akan muncul waktu yang diperlukan untuk mengirimkan data satuan ms (milisecond), dan ip router. Hasil tracert dapat menganalisa suatu jaringan komputer yang  anda gunakan.


   Karena windows mengirimkan 3 paket data, maka akan muncul waktu yang ditempuh oleh masing-,asing paket data. Maka hops akan terlihat berdasarkan urutan angka pada paket 1, 2, dan 3, artinya waktu yang ditempuh adalah 1 milisecond. Jika semakin kecil waktu yang dibutuhkan untuk suatu perpindahan data maka akan semakin baik.

Hanya itu yang saya bisa bagi untuk memenuhi tugas jarkom, apabila ada kritik dan saran silahkan pada kolom komentar yang sudah tersedia . .

0 comments:

Post a Comment